gak pake terompet kita meninggalkan 1434 Hijriah ini,
gak pula pake kembang api kita memasuki 1435 Hijriah,

Alhamdulillah syukur kita panjatkan kepada Allah SWT atas nikmat umur yang diberikan kepada kita karena hari 1 muharram umat muslim di seluruh penjuru dunia merayakan tahun baru Islam 1435 hijriyah. Semoga semakin bertambahnya umur ini agama Islam semakin jaya terutama umat muslim semoga dapat memaknai Tahun Baru 1435 Hijriyah ini.
Okk.. kita coba flasback kebelakang ke masa Rasulullah SAW yang giat-giatnya berdakwah, pengikut Rosul semakin hari semakin bertambah sampe2 kaum Qurays makin bernafsu untuk menghabisi Rasulullah dan pengikutnya. Disaat beliau banyak menghadapi intimidasi, teror, dan serangan kaum kafir Qurays Rasulullah dan pengikutnya memutuskan untuk berhijrah dari mekkah ke Yatsrib. Ini merupakan fase penting dalam perjalanan dakwah Islam karena bukan semata-mata menghindari ancaman-ancaman dari kaum Qurays saja tetapi ada rencana besar yang sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan Islam.

Nah, dari sepenggal kisah diatas mungkin ane dan teman-teman bisa gambil hikmah dari peristiwa hijrah tersebut. Hijrah disini berarti bergerak. Lawan dari itu adalah diam dan pasif. Bak air yang diam, ia keruh, dau dan menjadi sarang penyakit. Berbeda dengan air yang mengalir dan terus bergerak, maka air tersebut akan selalu segar dan bersih sehingga dapat mendatangkan manfaat.

Sebagai pengontrolnya agar air tersebut tidak liar maka ada kran air. Kran disini diibaratkan agama dan pemakai kran tersebut adalah kita sendiri. Jika kita dapat mengontrol penggunaan air tersebut disaat yang tepat maka air tersebut akan banyak mendatangkan manfaat bagi kita. Janganlah terlalu berlebihan menggunakannya karena nantinya akan dapat membahayakan diri kita sendiri seperti derasnya tsunami yang menerjang Aceh.

Dan Rasulullah s.a.w. bersabda:

“Jauhilah oleh kalian sikap berlebih-lebihan, kerana sesungguhnya sikap berlebihan itulah yang telah membinasakan orang-orang sebelum kalian” (HR. Ahmad, Turmudzi dan Ibnu majah dari Ibnu Abbas r.a.)

Jadikan Tahun Baru Hijriyah sebagai semangat baru kita untuk menjadi manusia yang lebih baik. Hijrah dari kondisi jahiliyah menuju kebaikan.(khususnya ane sendiri. hehe)

Iklan